Kamis, 06 Maret 2014

Gambar Motif-motif Tato Dayak bagian IV (Beberapa Gambar dan Foto)

[A] Cara Pembuatan Tato :

Kayan 1890an, seorang gadis di tato ketika menginjak usia 16thn .
Kayan , Proses pembuatan Tato di Tangan
Kayan
Iban
[B] H.F Tillema, 1927

Tattoo Paha Dayak Kayan. Wanita ini berkedudukan tinggi, dibuktikan dengan jumlah lingkaran di sekitar betis. Motif paha disebut Lejau Silong (wajah harimau). Pada bagian ujung kaki terlihat pola yang berbeda, tepat di atas garis horizontal di betis. Ini disebut motif Nang Klinge. Desain ini biasanya ditemukan pada tempurung lutut dari laki-laki dan perempuan dan tato ini digunakan untuk bagian terakhir dari tato tubuh. Di sekitar betis disebut Tushun Tuva. Yang hebat tentang foto ini, adalah bahwa  terlihat tanda pada bagian pahanya. (dikenal sebagai Tedak Danau - Danau tato).
Tato di Paha dan betis seorang wanita Dayak Kayan. Baris yang memanjang di bawah lutut dan betis menunjukkan status yang tinggi. Motif sebenarnya disebut Tuang Buvong asu (anjing tanpa ekor). Desain ini juga terukir pada Senjata Dayak (Mandau) . Motif di bagian bawah seperti abstrak huruf A, adalah akar tuba (tushun Tuva) pola mewakili roh-roh. Kadang-kadang motif anjing diganti dengan elemen desain serupa yang mewakili Enggang/Rangkong, burung sakral untuk sebagian besar masyarakat Kalimantan.
(CATATAN: Seringkali, wanita yang ditato sakit dan meninggal, akibat ditato dengan  menggunakan jarum yang terinfeksi).
Bentuk Paku hitam yang terlihat dari buku-buku sampai pertengahan disebut Song Irang (tunas bambu), garis horizontal yang berjalan di belakang buku jari disebut IKOR (garis), dan desain pada pergelangan tangan itu? Ada kemungkinan bahwa ini adalah mewakili lejau silong (wajah harimau).









Kaki bertato dari wanita dayak yang berkasta rendah, dengan motif naga abstrak. (Wanita dari kasta yang lebih tinggi memiliki lingkaran konsentris tato lebih lanjut atas paha)


[C] A.W.Nieuwenhuis, 1898

Ngaju , Kahayan 1896 

Desain tato di dadanya mewakili batang pohon Garing, di dada atas ada dua desain besar yang menggambarkan sayap burung Enggang . Apa yang signifikan tentang estetika ini adalah bahwa Enggang/Rangkong melambangkan kecepatan, kekuatan, dan licik sedangkan motif Garing mewakili kekebalan, karena pohon ini diyakini tidak pernah mati. Tato yang muncul ke bawah lengan dan di atas bahu merupakan daun pinang. Dalam arti, pria Dayak ini ditutupi dengan perlindungan spiritual dari makhluk dan tumbuhan yang hidup dalam domain hutan nya. Lebih jauh lagi, dan ketika digabungkan bersama-sama, mereka seperti bentuk tak terkalahkan. (Lihat Bagian I , gambar no.8-9 , Bagian II, gambar no. 7 dan Bagian III, gambar no.1  )


Kayan



[D] C. Hose and W. McDougall, 1920







[E] Carl Bock, 1882








Sumber :
Buku
In Centrall Borneo by A.W. Nieuwinhaus , 1898
The Head Hunters of Borneo by Carl Bock, 1882
The Natives of Sarawak and British North Borneo by H. Ling Roth, 1912
The Pagan Tribes of Borneo by C. Hose and W.McDougall, 1920
A journey among the peoples of Central Borneo in word and picture by H.F. Tillema, 1927

Web

Tidak ada komentar:

Posting Komentar